Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika

KONTES YANG TIDAK JELAS!!!!!! HAHAHAHAHAHA BANYAK AMAT SEKARANG KONTES YANG GK JELAS MEMANFAATKAN PARA BLOGGER YA LOL..

Baca juga artikel kami tentang Jalantikus.com download game pc dan androit gratis terbaru dengan server lokal dan jangan lupa, jika anda ingin bermain poker silahkan baca artikel Asiapoker77 bonus jackpot plus tiap bulan lumayan bro. dan satu lagi ni, baca juga mutiarabijak.com kata kata mutiara dan kata kata bijak cinta ya bro. thanks 4 ever.


Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika - Listrik, sebenernya tentang listrik dalam kehidupan sehari-hari. seseorang lebih acu tak acu menanggapinya. al hasil yang dikatakannya adalah "ada tukang PLN yang ngurus" kira-kira begitula tanggapan orang-orang tentang listrik. ada beberapa hal penyebab seseorang akan berkata demikian tentang listrik ini. antar lain:
  1. Takut Kesetrum
  2. Penyakit orang indonesia "MALAS"
pembahasan Pertama "Takut Kesetrum" hal ini dapat dimaklumi. seseorang akan berfikir beberapa kali ketika ia akan di hadapkan dengan masalah listrik. bisa saja lampu rusak,skring, dll. ketika seseorang yang tak paham akan listrik dan menggahadapi masalah pertama diatas, seseorang akan lebih memilih memanggil petugas PLN untuk memperbaiknya. atau bahkan kerabat terdekat yang lebih paham tentang arus listrik.

Berbicara tentang Kehematan tentang daya arus listrik yang kita gunakan sehari-hari. hal ini tentu menarik perhatian untuk dibahas. banyak cara masyarakan untuk mengakali agar arus listrik yang mereka gunakan tidak terlalu besar. tentu besar pemakaian, besar pula pembayarannya. namun, taukah anda? beberapa masalah yang dihadapi tentang penghematan arus listrik sering sekali menjadi masalah utama. seperti halnya dahulu tentang orang tua admin Kumpulan Resep Masakan Yuni. dulu orang tua saya laki-laki ama-amat hemat dengan namanya arus listrik. seperti yang saya katakan diatas, besar pemakaiaan besar pula pembayarannya. bahkan pada saat subuh, lampu kamar anak-anaknya sudah dimatikan agar menghemat daya listrik yang dipakai. kalau seperti itu bukan parah sekali berhematnya hehe. tapi itulah kenyataan orang tua saya.

Benarkah Alat Penghemat Listrik mampu Mengatasi Penghematan Daya?

Hemat Listrik, ada yang populer disebut sebagai Energy saving Banyak sekali dipasaran beredar alat penghemat listrik dengan haga yang relatif murah. Tetapi benarkah alat itu bekerja sesuai dengan apa yang dijanjikan yaitu bisa menghemat listrik yang ujung-ujungnya mengurangi tagihan?

Setelah dibongkar, ternyata alat “penghemat daya” tersebut hanya berisi kapasitor saja. Artinya dia bekerja layaknya kapasitor bank. Kita ulas secara teknis apa yang dilakukan alat penghemat listrik/kapasitor bank. Mari kita pelajari kembali teori segitiga daya, ada VA dan Var serta Watt. Daya semu yang mempunyai satuan VA itu tidak dapat dihilangkan. Daya aktif juga besarnya sesuai dengan kebutuhan beban, dan tidak bisa dikurangi. Dalam segitiga daya ada sudut antara VA dan Watt yang sering disebut power factor. Kalau pada beban banyak digunakan beban inductive maka akan timbul daya Reactive dengan vector keatas. Begitu pula sebaliknya bila beban yang digunakan adalah beban capastif maka akan menimbulkan daya reactive dengan vector kearah bawah. Semakin besar nilai daya reactive maka akan semakin besar pula daya semu(VA)  yang harus disupply untuk daya aktiff (watt) yang sama. Nah apabila beban bersifat resistif maka tidak akan muncul daya reactive, sehingga VA=Watt.


Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika
Foto: www.news.tridinamika.com
Dengan menambahkan capasitor sebagai beban maka akan timbul daya reactive ke arah bawah. Apabila beban awal bersifat inductive (arah atas) maka beban reactive yang ditimbulkan kapasitor akan mengurangi daya reactive dari beban inductive, sehingga akan mendekati watt atau setara dengan beban resistive. Namun apabila beban awal sudah bersifat capasitive maka justru daya reactive akan semakin bertambah (kearah bawah) sehingga VA akan jauh lebih banyaak untuk Watt yang sama.
Jadi alat ini bukan untuk menghemat tagihan listrik, tapi untuk memaksimalkan daya listrik yg sudah kita beli. Bahkan, pemasangan kapasitor yang tidak terkontrol sesuai beban dapat menyebabkan beban kapasitif. Beban kapasitif ini menyebabkan kenaikkan tegangan yg berlebih sehingga bisa saja peralatan elektronik rusak dan ada peristiwa yg lebih ektrim yakni terjadi kebakaran karena seolah-olah terjadi “hubung singkat” atau “kosleting” karena terjadi resonansi akibat pemasangan kapasitor yg tidak sesuai dengan beban atau tak terkontrol. Jadi benarkah alat penghemat listrik itu?


Lalu, Bagaimana Penghematan Listrik yang dianjurkan?



Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika
Foto: www.news.tridinamika.com

Jakarta, 26 Juni 2013, bertempat di Bong Chandra Breakthrough Center – APL Tower – Central Park. Tridinamika kembali mengadakan seminar tentang penghematan energi, kali ini bertemakan tentang “Energy Cost Reduction Strategy”.

Pasca kenaikan TDL tahap II yang efektif diberlakukan pada awal April 2013 kemarin, masyarakat harus mulai bersiap-siap menghadapi kenaikan BBM. Efek yang ditimbulkan tentu akan beragam, namun pastinya kedua kebijakan ini akan sangat membebani. Bukan hanya industri saja, pengelola bangunan komersil seperti mall, hotel dan apartemen pun ikut merasakan dampak dari kenaikan TDL. Beragam cara dilakukan sebagai upaya dalam mengantisipasi kenaikan biaya energi. Dunia industri telah meresponnya dengan menaikkan harga jual produk dikisaran 4% -10%.

Bagaimana dengan sektor properti ? Menurut perkiraan, pengelola gedung dan pengembang di Jakarta akan menaikkan tarif sewa kantor dan apartemen sebesar 10 %. Karena kenaikan TDL berpengaruh terhadap biaya service dan biaya operasional gedung secara signifikan. Antisipasi ini dilakukan mengingat komponen listrik berkontribusi sebanyak 30 % hingga 50 % terhadap biaya operasional. Hal yang sama juga dirasakan oleh sektor perhotelan.

Dalam kondisi seperti ini, efisiensi energi dinilai sebagai solusi yang paling bijak untuk dilakukan. Lantas, seperti apakah bentuk nyata dari efisiensi energi itu? Benarkan sistem dan kebijakan yang anda diterapkan saat ini mampu memberikan solusi yang tepat dalam antisipasi kenaikan TDL.
Pada event kali ini Ir. Hari Nugroho – Suku Dinas dan Energi DKI Jakarta mengungkapkan “Budaya dan perilaku hemat energi dan air faktor kunci keberhasilan dalam menunjang pelaksanaan penghematan energi dan air”. Beliau mengungkapkan bahwa penghematan energi merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat.

Disesi selanjutnya Beny Rachmanto,S.T yang membawakan tema ”Fenomena Abnormal Listrik dan Potensi Pemborosan Energi” menjelaskan bahwa banyak potensi-potensi penyerapan energi yang seharusnya bisa kita minimalisir, jangan sampai energi atau uang itu terbakar sia-sia, salah satu caranya yaitu dengan mendeteksi masalah-masalah kelistrikan dan mencari solusi pemborosan tersebut.

Juga pada kesempatan kali ini, datang narasumber utama kami yang berasal dari U.S.A, Mr. Marco Mancilla,  dimana pada sesinya ia menjelaskan secara detail tentang permasalahan power quality, pada sesi ini pula dikenalkan teknologi terkini dimana kita tidak perlu lagi khawatir akan adanya masalah power quality, dengan produk PSL yang ia bawa dari U.S.A terlihat secara jelas gimana produk tersebut sangat baik dapat mendeteksi masalah power quality dan kaya akan fitur-fiturnya.

Seminar ini ditutup oleh sesi terakhir yang dibawakan oleh Cipto Utomo, “Troubleshooting & Antisipasi Pemborosan Energi” dimana ia membahas secara detail langkah-langkah maintenance yang harus dilakukan agar dapat menghemat energi di gedung atau industri.

Ingin Mengukur Daya Listrik di Rumah atau Kantor Anda?

Jasa Pengukuran, Hal ini menjadi pilihan yang tepat bagi anda. namun, sering kali kita dihadapkan dengan berbagai kondisi. yang terkadang ingin menggunakan Jasa Pengukuran namun tidak tau ingin menghubungi siapa. yup, karena itu kami menuliskan artikel ini untuk anda. agar anda tidak bingung menghubungi siapa untuk Jasa Pengukuran Listrik.

Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika


Tridinamika Measuring Services adalah layanan inspeksi kelas satu dari tridinamika yang dapat anda gunakan untuk menganalisa berbagai problematika listrik dan energy. Dengan dukungan excellence engineer yang berpengalaman,Tridinamika Measuring Services akan memberikan solusi atas beragam penyakit listrik yang anda hadapi.

Melalui Tridinamika Measuring Services  anda tak perlu pusing dengan rumitnya pengolahan data pengukuran. Lupakan kewajiban kalibrasi alat ukur yang membebani. Jangan biarkan permasalahan maintenance menghambat kreatifitas dan produktifitas di tempat kerja anda. Serahkan semua masalah itu kepada ahlinya, Tridinamika Measuring Services.

Tridinamika Measuring Services memiliki beragam layanan pengukuran yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan
A. POWER INVESTIGATION
B. HUMAN SAFETY ENVIRONTMENT CLINIC
C. ENERGY MANAGEMENT

Menggunakan Alat Ukur Fluke dan Agilent Technologies?

Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika
Fluke
Fluke? mungkin nama ini tidak asing lagi di perkotaaan dan saya yakin sudah sangat banyak yang menggunakannya. namun, di pedesaan? saya pikir nama ini belum terkenal luas di daerah pedesaan. kurangnya sosialisasi pemerintah kependuduk desa untuk mengenalkan Fluke ini dan apa manfaatnya. Fluke manfaat dalam arti sempit adalah. biasa digunakan untuk pengukuran listrik,daya listrik dan sebagainya.

Agilent Technologies, hampir sama kegunaannya dengan Fluke tadi. keduanya dipakai berbarengan. biasanya digunakan untuk Pengukuran daya listrik. disekolah untuk Praktek SMK jurusan Elektro dan yang lainya yang bersangkutan dengan listrik.


Kegunaan Alat Ukur Fluke dan Agilent Technologies

Kegunaan dari kedua alat ukur diatas adalah untuk meningkatkan rentang pengukuran daya listrik di kantor,rumah dan dimana saja anda membutuhkannya. Tridinamika dari PT Tridinamika Jaya Instrument sebagai mitra kerja dan bisnis urusan kelistrikan. Sebagai center of instrument, PT Tridinamika Jaya Instrument telah memiliki pengalaman baik instalasi maupun  training pengukuran power quality ke berbagai wilayah Industri di Indonesia. Tridinamika telah dipercaya untuk mengajarkan cara pengukuran power quality di lebih dari 100 industri dan kontraktor listrik. 

Ingin menghemat listrik anda? jangan ragu lagi untuk menggunakan alat ukur dan Instrumentasi Tridinamika. sehinggah tercipta Hemat Listrik Dengan Alat Ukur Dan Instrumentasi Tridinamika yang dianjurkan dan aman bagi anda. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan mendapatkan pelajaran tentang listrik dari artikel ini. terima kasih.